Nasional

'Heroik', Nenek Sopiah Selamatkan Anaknya

Jakarta - Seusai kumandang azan Ashar, Sopiah, 65 tahun, menyapu rumahnya. Tiba-tiba, tetangganya berteriak-teriak memanggil namanya. "Sopiah, sopiah, keluar, kebakaran," katanya mengulang teriakan itu saat kebakaran yang terjadi Senin, 23 Februari 2015.
 
Kebakaran menimpa 245 rumah di 13 wilayah RT di RW 01, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar. Setidaknya 1380 orang harus mengungsi di bawah jembatan rel Stasiun Sawah Besar, kantor polisi Karang Anyar, dan di pinggir Jalan Lautze, Jakarta Pusat.
 
Tak percaya dengan teriakan itu, Sopiah bergegas keluar rumah. Betapa kagetnya dia, saat menyaksikan api sudah membubung tinggi di rumah yang hanya berselisih tiga petak dari huniannya. "Pikiran langsung tertuju pada anak saya yang sakit stroke," kata dia sembari terbata-bata.
 
Sakit yang diderita anaknya, kata Sopiah, membuatnya sulit berjalan. Padahal, pikirnya, api tak lama lagi menyambar rumahnya. Tanpa pikir panjang, meski tubuhnya sudah renta, dia langsung memapah anaknya. "Awalnya tak mampu menyangga berat badannya, tapi anak bungsu saya datang dan memapah bersama," kata perempuan yang tak lagi punya gigi ini.
 
Aksi heroik ini membuat Sopiah tak sempat menyelamatkan surat penting dari lemari rumahnya. Kulkas, televisi, dan perabotan rumah juga hangus dilalap api. Tak sehelai pakaian pun yang berhasil dibawanya, hanya pakaian yang melekat di tubuhnya yang tersisa. "Syukurlah ada bantuan pakaian bekas ini, tapi belum dipilah," warga RT 08 RW 01 ini menuturkan.
 
Kisah mirip Sopiah dialami juga Rohayah, 45 tahun. Warga RT 07 RW 01 ini harus menggendong putra semata wayangnya yang sedang sakit saat kobaran api makin membesar. Dia hanya bisa membawa satu tas selempang dan pakaian yang melekat di tubuhnya. 
 
Bahkan situasi darurat pengungsian membuatnya tak nyaman. Sebabnya, bantuan sandang bekas layak pakai hanya untuk pakaian luar. "Belum ganti sejak dua hari lalu yang dalamnya," ujarnya diikuti tawa berderai sambil menutup wajahnya dengan dua tangannya. (rep01/tco)